Situs Pembelajaran Ilmu Ekonomi dan Manajemen secara Online

Search
Select your Search Engine:

Manajemen

Manajemen adalah cabang ilmu ekonomi yang berfungsi merencanakan, mengatur, mengimplementasikan, dan melakukan pengawasan terhadap suatu organisasi agar secara ekonomis mencapai profit
Teori mengenai manajemen sebenarnya luas. Yang akan kita bahas beberapa bagian sertanya terapannya dalam bisnis sehari-hari.
Sesuai definisi diatas terdapat 4 unsur penting dalam manajemen yang selalu dikemukakan dalam teori tentang manajemen yakni :
Perencanaan (Planning)
Semua pekerjaan yang baik dimulai dengan perencanaan yang baik. Ada yang bilang bahwa perencanaan yang baik adalah 60% dari pekerjaan tersebut atau bahkan lebih. Jadi perencanaan adalah tahap menetapkan skenario apa yang akan kita lakukan, menuliskan langkah-langkah yang akan kita lakukan dengan mempertimbangkan situasinya yakni situasi yang ideal sampai situasi terburuk bila terjadi.
Pengorganisasian(Organizing)
Yaitu mengumpulkan sumberdaya manusia lalu melakukan penunjukan jabatan masing-masing. Lalu memberikan tugas dan wewenang terhadap masing-masing orang(pejabat) dalam organisasi dengan tujuan agar tujuan organisasi tercapai.Dalam penunjukkan ini maka sang manager mesti jeli melihat skill dan kapabilitas dari tiap SDMnya agar tidak menempatkan orang di tempat/pekerjaan yang salah. Dan berlaku sebaliknya yakni "the right man on the right job". Seperti tubuh manusia maka bila tiap bagian dalam tubuh/organisasi melakukan pekerjaan masing-masing dengan baik maka 'tubuh' tersebut akan berfungsi dengan sempurna dan tidak ada 'komplikasi'.
Actualisasikan(Actuating/Directing)
Rencana yang matang yang telah dibuat saatnya dileksekusi. Pengeksekusian rencana mesti sebaik mungkin. Bila terjadi hal yang tidak seperti diharapkan maka lakukanlah rencana B. Istilahnya "Plan B or C". Eksekusi ini dilakukan oleh tiap anggota organisasi sesuai tanggung jawabnya masing-masing.Harapannya masing-masing dapat melakukan tugasnya secara baik dan bila dibutuhkan kerjasama maka selayaknya kerjasama dilakukan sebagai tim yang solid.
Pengendalian(Controlling)
Agar pekerjaan tercapai sesusai target maka perlu adanya pengendalian yang dilakukan oleh supervisor (superior) dari tiap anggota organissasi.Pengendalian ini dilakukan agar tercapai baku mutu (benchmark) yang telah ditetapkan sebelumnya terhadap tiap tugas tersebut. Pengendalian ini termasuk juga melakukan evaluasi akhir setelah pekerjaan selesai, menerima feedback dengan tujuan agar pekerjaan berikutnya lebih baik

Manajemen Umum yang dipelajari di kuliah biasanya terdiri dari beberapa cabang yakni:

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia
  3. Manajemen Produksi
  4. Manajemen Keuangan
Tetapi ada beberapa sekolah yang memperdalam atau memperluas cabang-cabang ilmu manajemen spt :
  1. Manajemen Perusahaan
  2. Manajemen Rumah Sakit
  3. Manajemen Perhotelan
  4. Manajemen Informatika
  5. lainnya

Kembali ke Menu utama. Untuk kerjasama web hubungi:tresna[at]visit-bandung.com
Copyright (c) 2012 www.belajar-ekonomi.com. Rebirth. All Rights Reserved