Situs Pembelajaran Ilmu Ekonomi dan Manajemen secara Online

Search
Select your Search Engine:

Manajemen Logistik

Donald J Bowersox :
Logistik Modern adalah :
Proses pengelolaan strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari para rekanan,diantara fasilitas-fasilitas perushaan dan kepada pelanggan.

Menurut Council of Logistic Management
Logistik melibatkan proses perencanaan, implementasi,dan pengendalian agar didapat effisiensi aliran biaya dan keefektifan proses penyimpanan bahan baku, setengah jadi dan barang jadi dan informasi saling berhubungan dari awal titik konsumsi order untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Logistik dapat didefinisikan sebagai suatu ilmu pengetahuan atau seni serta proses mengenai proses perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan, serta penghapusan material/alat-alat.

Sehingga Manajemen Logistik merupakan :
bagian dari proses supply chain (rantai pasok) yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

Manajemen Persediaan

Persediaan adalah kumpulan stok barang (bahan mentah,komponen, bahan setengah jadi dan barang jadi) yang menunggu untuk diproses,dipindahkan dan digunakan pada titik rantai penyediaan (supply chain).(Ghiani ,2004) Manaj Persediaan adalah serangkaian kebijakan pengendalian persediaan untuk menentukan tingkat persediaan yang harus dijaga, kapan pesanan untuk menambah persediaan harus dilakukan dan berapa pesanan yang harus diadakan. Kesimpulan : Manajemen Persediaan adalah bagian penting dari Manajemen Logistik.

Untuk lengkapnya modul ini silahkan ikut kuliah kami.

PENGUMUMAN KEGIATAN KELAS


Kembali ke Menu utama. Untuk kerjasama web hubungi:tresna[at]visit-bandung.com
Copyright (c) 2012 www.belajar-ekonomi.com. Rebirth. All Rights Reserved